PROFIL MADRASAH

Madrasah Aliyah Al Hikmah Karangmojo merupakan madrasah swasta di bawah naungan Yayasan Al Hikmah Karangmojo, yang berlokasi di Dusun Sumberjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Madrasah ini merupakan satu diantara tempat pendidikan formal yang mendidik siswa-siswi dan di fasilitasi dengan pendidikan kepesantrenan yang gratis tanpa dipungut biaya mondoknya. Sehingga orangtua/wali siswa tidak terlalu memikirkan kebutuhan selama di Pondok dalam membayar biaya asrama, biaya listrik, air, dll.

Sebagaimana disebutkan bahwa MAS Al Hikmah Karangmojo mempunyai bidikan kepada pengupayaan pendidikan kepada siswa tidak mampu yang mempunyai kemampuan keras untuk sekolah. Siswa sebagian besar berasal dari golongan kurang mampu yang kesulitan membiayai pendidikan anak mereka, bahkan diantaranya adalah anak yatim, piatu dan yatim piatu. Sementara jika dilihat dari penyebaran asal siswa secara geografis, 80% berasal dari berbagai daerah di luar Gunungkidul, beberapa diantaranya dari kabupaten lain di DIY dan adapula siswa berasal dari berbagai pelosok negeri yaitu Papua, Jambi, Kalimantan, Aceh, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Perkembangan secara kuantitatif, MA Al Hikmah pada tahun ajaran sebelumnya memerima 2 kelas saja yaitu 1 Jurusan IPA dan 1 Jurusan IPS, pada Tahun Ajaran 2016/2017 kelas X dengan fasilitas yang ada telah mampu menerima menerima 3 kelas terdiri dari 1 kelas Peminatan MIPA dan 2 kelas Peminatan IPS. Disaat fenomena adanya sekolah yang harus menutupkan diri karena adanya siswa, perkembangan MA Al Hikmah secara kuantitas adalah suatu hal yang membanggakan.

MA Al-Hikmah Karangmojo didirikan tahun 1998 dan saat ini telah terakreditasi dengan nilai A. Dalam perjalanannya, Madrasah ini mampu bersaing dengan Madrasah/Sekolah Negri maupun Swasta di DIY baik dari akademik maupun non akademik. Para siswanya banyak mendulang prestasi dalam berbagai ajang lomba seperti MTQ, MHQ, AKSIOMA, POSPENAS, JAMNAS, dll. Sementara para alumninya banyak diterima di perguruan tinggi dan mendapat beasiswa di PTN/PTS (UGM, UNY, UIN, UII, UMY, UAD dll) serta beasiswa luar negeri (Guangzho University dan Al Qosim University).

MA Al Hikmah yang baru 16 kali meluluskan siswanya mencoba mensejajarkan diri sebagai salah satu pencetak generasi beriman, bertaqwa dan berguna di Masyarakat dengan ikut mencerdaskan anak bangsa. Meski terletak agak jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten maupun Propinsi, MAS Al Hikmah aktif berpartisipasi dan berprestasi dalam berbagai kegiatan diseputar dunia kependidikan, baik itu pada tingkat Kecamatan/Kabupaten/Propinsi. Pernah memenangkan lomba gerak jalan, baris berbaris, MTQ, Lomba Pidato 4 Bahasa, dan beberapa siswanya merupakan atlit PORDA untuk cabang Olahraga Pencak Silat. Pada Tahun 2016, siswa MA Al Hikmah Karangmojo mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan mendapatkan Juara III pada Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (POSPENAS) Ke VII di Provinsi Banten untuk cabang lomba Cipta Puisi Al Quran. Prestasi yang sangat membanggakan, Madrasah Aliyah Al Hikmah Karangmojo..

IDENTITAS MADRASAH





VISI


Terwujudnya Madrasah Amanat yang unggul dalam prestasi berdasarkan Iman dan Taqwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.


MISI

1.   Menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengamalan ajarana agama.

2.   Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan.

3.   Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasar minat dan bakat siswa.

4.   Memberikan penghargaan bagi yang berprestasi.

5.   Membudayakan kehidupan yang islami dan menjalin kerjasama yang harmonis antar warga madrasah.

6.   Mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler yang bernuansa life skill

7.   Menerapkan manajemen yang demokratis. 

Tujuan

Menjadikan Sekolah murah yang berkualitas dibidang akademik dan Life Skill yang islami

Indikator

1.   Unggul dalam akhaqul karimah

2.   Unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan

3.   Unggul dalam kesadaran ibadah

4.   Unggul dalam pemahaman Al-Qur’an dan pengamalannya

5.   Unggul dalam berbagai ketrampilan dan kegiatan

SASARAN

  1. meningkatkan lulusan MAS Al Hikmah Karangmojo yang beriman dan bertaqwa dan diterima diperguruan tinggi yang berkualitas maupun dunia kerja dan mandiri di masyarakat.
  2. meningkatkan prestasi peserta didik baik di bidang akademik maupun non akademik, baik dibidang Ilmu pengetahuan dan teknologi maupun pengamalan keimanan dan ketaqwaan.

KURIKULUM

Kurikulum yang diterapkan sama dengan kurikulum SMA dibawah Departemen Pendidikan Nasional, ditambah Mata Pelajaran Agama Islam yang memadai sesuai dengan kurikulum Departemen Agama, dan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

EKSTRAKURIKULER

  1. Pendidikan Kepemimpinan
  2. Kegiatan Karya Ilmiah Remaja
  3. Praktek Teknologi Informasi, Melalui Penguasaan Program Komputer Dasar Dan Lanjutan.
  4. Pelatihan Metodelogi, Penelitian, Dan Karya Tulis Ilmiah.
  5. Pemantapan Penguasaaan 4 Bahasa (Bahasa Indonesia, Arab, Inggris Dan Jawa)
  6. Ketrampilan Teknik Elektro
  7. Ketrampilan Menjahit
  8. Pembinaan Seni
  9. Pembinaan Olah Raga 
  10. Tahfidzul Qur'an

FASILITAS
  1. Gratis Makan 2 kali sehari (pagi dan sore) 
  2. Gratis Biaya Mondok
  3. Bebas Uang Gedung
  4. Tahfidzul Qur’an
  5. Ruang Kelas Permanen
  6. Lab. Komputer 
  7. Lab. Bahasa
  8. Lab. IPA 
  9. Masjid Putra
  10. Masjid Putri
  11. Asrama Putra
  12. Asrama Putri
  13. Perpustakaan 
  14. Audio Visual di kelas  
  15. Lapangan olah raga 
  16. Kantin 
  17. Koperasi sekolah
Previous
Next Post »